selamat datang di blog resmi Balai Penyuluhan Pertanian dan Kehutanan (BPPK) kecamatan Ngablak Kabupaten Magelang, blog ini tersusun atas kerjasama BPPK Kecamatan Ngablak-peserta pelatihan e petani dan BPTP Propinsi Jawa Tengah (alamat: BPPK Ngablak, Jln. Ngablak-Grabag Km 0,5, Ngablak Magelang 56194 Telp 0298 318 212)

Kamis, 27 Oktober 2011

Renyahnya BALOK merbabu

Sekilas mendengar namanya seperti barang yang keras "balok" tapi jangan salah, setelah mencicipi dijamin ketagihan disamping rasanya yang gurih oleh rempah-rempah teksturnya renyah. usia lanjutpun bisa
menikmati. Balok singkong merupakan makanan olahan asli dari Desa Pagergunung Kecamatan Ngablak yang dibuat dari ketela pohon. dinamakan balok karena bentuknya kubus seperti balok. balok sangat cocok buat teman jagong, liat TV, ngobrol-ngobrol bahkan sebagai suguhan tamu-pun tidak "ngisin-isinke".

perkembangan industri rumah tangga balok di Desa pagergunung Kecamatan Ngablak kini telah mampu menopang perekonomian masyakat. rata-rata produksi per pengrajin per hari 1 Ton ketela pohon, di pagergunung ada 24 pengrajin.  (red: menghasilkan rasa gurih dan renyah).
pemasaran balok telah menyebar hampir di pulau jawa, bali, sebagian sumatra dan kalimantan.demikian pesatnya perkembangan industri balok dikarenakan harga sangat terjangkau per kg Rp.10.000,00 untuk rasa gurih dan Rp.11.500,00 untuk rasa pedas/balado. disamping itu pengolahannya juga mudah.
Balok produksi desa pagergunung mempunyai keunggulan, disamping rasa renyah dan gurih, balok terbebas dari bahan-bahan kimia. meskipun pembuatan secara sederhana namun higienis.
banyak kelompok2 tani study banding di sentra pembuat balok. bahkan para penyuluh pertanian papua belajar bersama cara pembuatan balok.

para pembeli biasanya membeli balok yang belum kita kemas, kemudian dikemas sendiri-sendiri, menurut mereka keuntungan lebih bila dibanding dijual kiloan. bahkan setelah diecer harga balok bisa mencapai 2 kali lipat setara Rp.20.000,00. 
keunggulan lain dari balok, apabila disimpan dalam tempat yang rapat bisa bertahan sampai 6 bulan (tanpa bahan pengawet) rasa dan kerenyahan tidak berkurang.
kami juga menerima pesanan partai kecil maupun besar harga diatas belum termasuk ongkos kirim, atau bisa juga datang ke lokasi.

atau yang berminat menjadi agen penjualan silahkan hubungi BPPK Kecamatan Ngablak 0298 318 212

selain produk balok desa Pagergunung juga memproduksi berbagai macam makanan ringan, seperti jenang kereng, sagon, jenang lot, wajik yang semuanya menggunakan bahan baku dari beras ketan lokal. dimana ketan lokal mempunyai rasa yang enak kata pak bondan "mak nyussssss............."



jenang kereng ketan pagergunung



sagon ketan pagergunung




1 komentar:

  1. Halo, saya mau minta contact person untuk pembelian balok singkong yang dua macam rasa, saya tunggu kabarnya segera trimakasih

    BalasHapus